14 Mei 2012

Misteri Ilmu

Banyak sekali dalil2 baik dari Al Qur'an maupun Al-Hadist yang membahas tentang 'Ilmu.

dengan dalilnya  :
 - Mencari Ilmu wajib bagi setiap Muslim 


Hingga di jaman Rosululloh dibedakan atas Ilmu dunia dan Ilmu Akhirat :

 - Barangsiapa menginginkan Dunia maka harus dengan ilmu, barangsiapa menginginkan Akhirat maka harus dengan  'ilmu dan Barangsiapa menginginkan kedua-duanya maka harus dengan 'ilmu.

dalil berikutnya :
 -  Tuntutlah / carilah Ilmu walau sampai ke Negeri Cina 
 -  Carilah Ilmu mulai dari ayunan ibu sampai ke liang lahat.

Dari semua dalil itu menampakkan betapa WAJIB-nya mencari ilmu, selanjutnya muncul pertanyaan dalam benak saya 'Ilmu apa yang wajib dicari ? Semua ?  Qur'an, Hadist, IPA, IPS, Biologi, Informatika Perminyakan atau lain-lain ? Betapa beratnya hidup seorang Muslim jika harus menguasai semua ilmu.

Karena dalam pikiran saya sudah menancap dogma bahwa mencari Ilmu adalah Sekolah, karena hanya dengan sekolah yang setinggi-tingginya dalil-dalil diatas akan menjadi terpenuhi.

Tetapi apa yang saya jumpai setelah kita masuk zaman Global ini, dimana akan sangat bebas mencari dan pengetahuan (bukan ilmu) ternyata bukan demikian.

Sampailah saatnya saya ketemu dengan Mas Huda, beliau mengajarkan suatu Hadist yang artinya insyaAlloh :"Imu ada 3 (Tiga), adapun selain yang demikian (tiga itu) merupakan lebihan yaitu : Ayatun Muhkamatun (Ayat yang Menghukumi = Al Qur'an), Sunnatun qoimatun (Sunnah yang ditegakkan) dan Faridhotun adilatun (Faroid yang Adil)"

Brakkkk...!!!!

Pecahlah bungkus dogma di kepala saya, dan komentar saya pada Mas Huda : " Ternyata ringan ya mas jadi seorang Muslim"

Tidaklah hanya perlu sampai menjadi Master, Doktor ataupun Professor untuk menunaikan tugas mencari ilmu.

Dalil berikutnya adalah :
Ada 3 (tiga) hal yang dibawa seorang hamba jika Mati yaitu : Amal jariyah, Ilmu yang bermanfaat dan Anak sholeh yang berdoa baginya.

Pas dengan Dalil , Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang kita ajarkan (Ilmu Qur'an -Hadist) kepada siapapun dan ilmu tersebut dipraktekkan.

Hanya ilmu itulah yang akan bernilai Ilmu yang bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar